Senin, 25 September 2017

ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI)

A.  Sejarah dan Perkembangan  Artificial Intelligence  (AI)




Ø  Sejarah Artificial Intelligence  (AI)
Pada tahun 1950 Alan Turing  membuat artikel ilmiah tentang Artificial Intelligence  (kecerdasan buatan) yang  berjudul “A Chess-Playing Machine”. Artificial Intelligence dipublikasikan hanya 2 tahun setelah General Electric, komputer ini diterapkan oleh pengguna bisnis. istilah kecerdasan buatan dibuat oleh John McCarthy sebagai tema suatu konferensi yang dihadiri oleh para peneliti AI. Tahun 1956, program komputer AI pertama yang disebut Logic Theorist, diumumkan. KemampuanLogic Theorist yang terbatas untuk berpikir (membuktikan teorema-teorema kalkulus) mendorong para ilmuwan untuk merancang program lain yang disebut General Problem Solver (GPS), yang digunakan untuk memecahan segala macam masalah. Proyek ini  membuat para peneliti kewalahan dalam menyusun program AI tersebut, dan riset AI dikalahkan oleh aplikasi-aplikasi komputer lainnya seperti SIM dan DSS.
Ø  Perkembangan  Artificial Intelligence  (AI)

1.      Era Komputer Elektronik (1941)
    
Penemuan  alat penyimpanan dan pemosresan informasi tahun 1941 yang  dinamakan komputer elektronik yang  dikembangkan di USA dan jerman. Saat itu komputer membutuhkan ruangan yang luas , AC yang terpisah dan melibatkan ribuan kabel untuk menjalankan suatu program. Pada tahun 1949 , berhasil ditemukan komputer yang mampu membuat pekerjaan memasukkan program menjadi lebih mudah. Penemuan ini menjadi dasar pengembangan yang mengarah ke AI.


2.      Masa Persiapan ( 1943 -1956)
     Tahun 1950 , Nobert Wiener membuat penelitian mengenai prinsip prinsip teori feedback. Contoh yang terkenal adalah thermostat . Penemuan ini yang merupakan awal dari perkembangan AI. Pada tahun 1956 John McCarhty melakukan penelitian dalam bidang automata , jaringan syaraf dan mempelajari intelligence. Hasilnya adalah program yang mampu berpikir non-numeric dan menyelsaikan masalah pemikiran , yang dinamakan principia mathematica. Hal ini menjadikan john McCarthy disebut sebagai fathre of AI.
3.      Awal Perkembangan AI (1952 – 1969 )
     Pada tahun pertama perkembangannya , AI mengalami banyak kesuksesan. Diawali dengan kesuksesan Newel dan Simon dengan sebuah program disebut General Problem Solver. Program ini dirancang untuk  menyelesaian masalah secara manusiawi. pada tahun 1959 keluarlah sebuah program AI yaitu Geometry Theorm Prover  yang dapat membuktikan suatu teorama menggunakan axioma-axioma yang ada.Pada tahun 1968 , Program analogi buatan Tom Evan menyelesaikan masalah analogi geometris yang ada pada tes IQ
4.      Perkembangan AI Melambat ( 1966- 1974)
Prediksi Herbert Simon pada tahun 1957 menyatakan bahwa AI akan menjadi ilmu pengetahuan yang berkembang dengan pesat ternyata meleset pada tahun tahun ini perkembangan AI menjadi sangat lambat

5.      AI menjadi sebuah Industri ( 1980 – 1988)
Industrialisasi AI diawali dengan ditemukannya expert system (sistem pakar) yang dinamakan R1 yang mampu mengkonfigurasi sitem sistem komputer baru.

B. Definisi  Artificial Intelligence  (AI)

           Kecerdasan buatan berasal dari bahasa Inggris yaitu “Artificial Intelligence”. artificial artinya buatan, sedangkan intelligence adalah kata sifat yang berarti cerdas. Maka artificial intelligence adalah  sesuatu buatan atau suatu tiruan yang cerdas dalam ketajaman berpikir . seperti halnya otak manusia dalam menyelesaikan suatu masalah.
Artificial Intelligence (AI) Menurut Minsky kecerdasan buatan merupakan ilmu yang mempelajari cara membuat komputer melakukan sesuatu seperti yang dilakukan oleh manusia.
Menurut  Rich dan Knight kecerdasan buatan (AI) sebagai sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana cara membuat komputer dapat melakukan hal-hal  yang dapat dilakukan oleh manusia.
Dari beberapa pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah ilmu pembuatan komputer yang memiliki kecerdasan dalam melakukan hal-hal yang menyerupai hal-hal yang dapat dilakukan oleh manusia.

C. Manfaat Artificial Intelligence  (AI)
1.      Meningkatkan produktivitas kerja, yaitu bertambah efisiensi pekerjaan tertentu serta hasil solusi kerja.
2.      Penghematan waktu dalam menyelesaikan masalah yang kompleks.
3.      Memungkinkan penggabungan berbagai bidang pengetahuan dari berbagai pakar untuk dikombinasikan.
4.      Pengetahuan dari seorang pakar dapat didokumentasikan tanpa ada batas waktu.

D. Contoh  dari Artificial Intelligence  (AI)
1.      Computer Vision
Ilmu dan teknologi mesin yang dimana mesin mampu mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu. Pada computer vision mencakup metode untuk memperoleh, mengolah, menganalisis, dan memahami data visual seperti gambar dan video.
Pada robot dapat mengenal obyek yang mendeteksi wajah orang dan pada sistem vision yang robot dapat membedakan wajah A dengan wajah B secara akurat (Face recognition system menggunakan metode PCA, LDA dan lainnya).  Proses pengolahan dari input image dari kamera hingga memiliki arti bagi robot  dikenal sebagai visual perception, dimulai dari akuisisi image, image preprocessing untuk memperoleh image yang diinginkan dan bebas noise misalnya, ekstrasi fitur hingga interpretasi seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
 

                Model persepsi visual pada computer vision

 
                                                    Contoh penerapan computer vision untuk identifikasi wajah

2.      Robotika dan Sistem Navigasi
AI untuk meringankan tugas manusia dapat kita lihat pada robot atau mesin yang dikendalikan oleh komputer tetapi masih dapat bernalar, seperti memutuskan sebuah tindakan dapat di lihat pada robot-robot asal jepang yang dapat memainkan biola, pelayan restoran robot anjing dan kucing yang beraktivitas sesuai program yang ia miliki berdasarkan apa yang ia tangkap dari lingkungannya atau sentuhan yang ia rasakan, ada pula robot penari, serta mesin-mesin dan robot-robot produksi. Pemikiran tersebut dituangkan oleh beberapa pembuat film, dimana pada film-film tersebut robot telah memiliki dan mengembangkan kecerdasannya sendiri, sehingga ingin disetarakan bahkan dianggap lebih tinggi ketimbang manusia. Beberapa film tersebut yaitu transformer, the terminator dan lain lain.


3.      Game Playing
Game playing merupakan mesin yang dapat memainkan master level dari permainan salah satunya catur. Di dalamnya terkandung beberapa Artificial Intelligence untuk memainkan permainan tersebut tetapi dengan melalui berbagai perhitungan yang rumit dilihat dari berbagai kemungkinan yang ada. Dapat menentukan pilihan terbaik untuk memenangkan permainan

4.      Sistem Pakar
Bidang ilmu yang membangun sistem atau komputer memiliki keahlian untuk memecahkan masalah dan menggunakan penalaran dengan meniru keahlian yang dimiliki oleh pakar.
 

Model Sistem Pakar
Menurut Turban,  Sistem Pakar dapat ditampilkan dengan dua lingkungan, yaitu lingkungan pengembangan dan lingkungan konsultasi (runtime). Lingkungan pengembangan digunakan oleh ES builder untuk membangun komponen dan memasukkan pengetahuan ke dalam basis pengetahuan. Lingkungan konsultasi digunakan oleh user nonpakar untuk memperoleh pengetahuan dan nasihat pakar. Lingkungan ini dapat dipisahkan setelah sistem lengkap.

Referensi :
5.      http://blog.rumahproject.com/2016/11/27/contoh-penerapan-kecerdasan-buatan-ai-dalam-kehidupan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar