Pada artikel ini lanjutan dari pembahasan sebelumnya
tentang AGENT , dari pembahasan tersebut telah membahas pengertian dari Agent.
Ketika kita ingin merancang sebuat agent maka kita harus menjabarkan
lingkungan masalah (task environment), ada beberapa cara untuk membuat
rancangan agent, sebelumnya harus mengetahui lingkungan masalah ( Task
environment ) terlebih dahulu yaitu dengan PEAS merupakan
singkatan dari (Performance, Environment, Actuators, Sensors).
1. P (performance
measure) yaitu komponen yang menjadi patokan dari keberhasilansi agent.
2.
E (environment)
yaitu kodisi di sekitar agent yang mampu mempengaruhi sekitar agent.
3.
A (actuators)
yaitu segala sesuatu yang dapat dilakukan oleh si agent.
4.
S (sensors)
yaitu segala sesuatu yang menjadi input si agent (Masukkan).
CONTOH PADA PEAS :
a)
Agent taksi otomatis
Sebuah agent taksi otomatis yang
menerima penumpang dan mengantarkannya ke tujuan :
1.
Performance measure
: keamanan, kecepatan, legalitas, kenyamanan perjalanan,
Keuntungan
2.
Environment : jalanan, lampu merah, lalulintas, pejalan kaki, cuaca
3.
Actuators : stir arah, gas, rem, klakson, sinyal kiri/kanan
4.
Sensors :
kamera, sonar, speedometer, GPS, odometer,
accelerometer, mesin sensor, keyboard.
b)
Agent : Sistem
Diagnosis Medis
Sebuah agent Medical diagnosis system yang mendiagnosa
pasien secara otomatis:
1.
Performance
measure : Kesembuhan pasien, biaya minim, sengketa
2.
Environment
: Pasien, pegawai rumah sakit
3.
Actuators
: Layar monitor (pertanyaan, test, perawatan,
rujukan)
4.
Sensors
: Keyboard (gejala, temuan, pertanyaan pasien)
c)
Agent : Interactive
English tutor
Sebuah agent tutor yang memberikan latihan english secara
interaktif :
1.
Performance
measure : nilai skor maksimal
2.
Environment
: para siswa
3.
Actuators
: layar monitor (latihan, saran koreksi)
4.
Sensors
: keyboard.
d)
Robot pabrik penjamin
mutu
Sebuah robot yang melakukan pemisahan komponen yang bermutu
tinggi pada ban berjalan ke dalam kotak berbeda
1.
Performance
measure : prosentase jumlah komponen yg diletakkan pada kotakyang
benar
2.
Environment
: ban berjalan,
komponen yang diuji, kotak
3.
Actuators
: gerak
lengan dan tangan robot
4.
Sensors
: kamera,
sensor fisik
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar