1. Ekonomi API (Aplikasi Penghubung
Pemprograman)
Aplikasi (Application Programming
Interface/API) merupakan beberapa
kumpulan perintah dan protocol yang digunakan oleh programmer saat
membangun perangkat lunak untuk system operasi tertentu.
API mampu menjelaskan cara yang dilakukan, dalam pemrograman procedural seperti bahasa C, yang dilakukan biasanya dengan memanggil fungsi. maka dari itu, API biasanya menyertakan
penjelasan dari fungsi yang disediakannya.
API menyediakan fungsi dan
perintah dengan bahasa yang lebih terstruktur dan lebih mudah untuk dipahami
oleh programer bila dibandingkan dengan System Calls, hal ini penting untuk
aspek editing dan pengembangan, sehingga programer dapat mengembangkan sistem
dengan mudah.
Nama Application Programming Interface (API) untuk Java
Programming Language yaitu:
-) Java Platform, Standard Edition
(Java SE)
-) Bundled 1.1.1 API (bagian dari
standar download)
-) Opsional 1.1.2 API (download
terpisah)
-) Java
Platform, Enterprise Edition (Java EE)
2. Pemasaran Dimensi
a. Pemasaran
relasi
b. Pemasaran
terpadu
c. Pemsaran
internal
d. Pemasran yang
bertanggung jawab social
3. Robot Manusia
Robot Asimo
|
Pada saat ini, perkembangan teknologi
robot telah mencapai tahap yang
luar biasa. seperti pada Robot Asimo buatan Honda ini. Robot ini mampu bergerak seperti manusia, khususnya pada tangan bagian jari. Robot ini juga
sudah dilengkapi dengan voice recognizer yang mampu berbicara dengan
manusia. Nah, dengan perkembangan
teknologi sensor yang
semakin maju, bukan tidak mungkin robot
robot akan dibuat lebih mengerti manusia. Tidak hanya menjadi pelayan toko,
namun sudah bisa menjadi pelayan pribadi manusia.
4.
Pekerja Teknologi informasi bagi
masa depan
Banyaknya perusahaan teknologi yang
bermunculan secara global, sehingga semua pekerjaan yang berbasis teknologi menjadi peluang yang menguntungkan untuk pelajar yang memilih karir yang tepat di masa mendatang. adanya 6 pekerjaan yang berbasis teknologi di masa mendatang yaitu:
- Database Administrator (DBA) mengontrol data organisasi. Mereka memastikan bahwa database berjalan efisien dan aman dari pengguna yang tidak berhak. DBA juga bertanggung jawab untuk mengatur data perusahaan dan menyimpannya dengan cara yang berguna dan sesuai. Database administrator umumnya memiliki gelar sarjana dalam Management Information System (MIS) atau bidang yang berkaitan dengan komputer.
- Pengebang Software (Pengembang perangkat lunak) adalah mereka yang memiliki pikiran kreatif di balik program komputer. Beberapa pengembang perangkat lunak membuat aplikasi, sementara yang lain membangun sistem. Semua pengembang perangkat lunak membuat perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Dan mereka juga cenderung untuk bekerja bersama dengan pemrogram komputer.
- Web Developer Aplication (Pengembang aplikasi Web) menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat perangkat lunak yang memenuhi spesifikasi klien. Pengembang dapat bekerja dalam beberapa bahasa pemrograman dan sistem operasi. User biasanya mencari pendidikan yang berkaitan dengan komputer serta pengalaman kerja yang relevan untuk kandidat pengembang aplikasi web.
- Computer System Analyst (Analis sistem komputer) bertugas untuk mengamati sistem komputer perusahaan dan prosedur yang diterapkan. Kemudian, mereka merancang solusi sistem informasi untuk membantu organisasi beroperasi secara lebih efisien.
5. Contoh Kasus dari pemilihan ritel
Misal pada bisnis ritel di Indonesia mengalami
perkembangan yang cukup pesat berbagai jenis format serta jenisnya, termasuk
minimarket. Adanya perkembangan usaha manufaktur yang cukup terbuka, maupun
upaya pemerintah untuk mendorong perkembangan bisnis ritel. Besarnya pasar
minimarket, Indomaret dan Alfamart semakin banyak yang mendirikan bisnis ini.
Indomaret dan Alfamart mencari tempat yang banyak peluang dari sisi bisnis..Persaingan Indomaret dan
Alfamart memang jelas terlihat dengan banyak alfamart dan indomaret yang
berdekatan tempatnya. Di mana ada Indomaret, di situ ada pula Alfamart seperti
kasus yang terjadi di Indomaret dan Alfamart di Jalan Salemba Tengah, Jakarta.
Dari sisi layanan, keduanya
menarawarkan layanan dan kualitas produk yang Iebih baik dibandingkan pasar
tradisional. Proses atau tahapan belanja pelanggan dimulai ketika seorang
pelanggan mengenali suatu kebutuhan yang tidak terpuaskan. la mencari informasi
tentang bagaimana cara mencukupi kebutuhan itu dengan cara mengevaluasi berbagai
sumber alternatif barang dagangan. Setelah mengevaluasi barang dagangan yang
ditawarkan oleh ritel, pelanggan tersebut dapat memutuskan suatu pembelian atau
memutuskan untuk pergi ke riteI lain untuk mengumpulkan lebih banyak informasi.
Akhirnya pelanggan mengambil keputusan belanja, menggunakan produk tersebut dan
kemudian memutuskan apakah produk tersebut memuaskan kebutuhan mereka.
Menurut teori consumer decision making
process, konsumen mempunyai tahapan tahapan dalam membuat keputusan pembelian
suatu produk di mana tiap tahapan mempunyai faktorfaktor dan variabel-variabel
yang mempengaruhinya. Pengetahuan tentang tahapan, faktor, dan variabel yang
mempengaruhi pembuatan keputusan belanja di gerai ritel sangat diperlukan untuk
memberikan arah bagi kedua retail yang berdampingan tersebut untuk menentukan
rencana pemasaran yang dilakukan agar konsumen memutuskan tetap belanja di
gerai mereka masing-masing.
TREND SISTEM INFORMASI / TEKHNOLOGI INFORMASI DALAM
BIDANG BISNIS
1. Pengertian dan Tujuan Bisnis
Pengertian
Bisnis
Bisnis yaitu usaha perdagangan dilakukan oleh beberapa kelompok orang yang terorganisasi
untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk
memenuhi kebutuhan konsumen .
Tujuan Bisnis
Setiap
bisnis atau perusahaan berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang
dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuan
perusahaan membuat produk adalah unruk mendapatkan laba, yakni imbalan yang
diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.
2. Teknologi Informasi Bisnis dan Dunia Bisnis
Dalam dunia
bisnis peranan Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perbisnisan secara elektronik atau
dikenal sebagai E-Commerce (e-bisnis) atau perbisnisan elektronik. E-Commerce
adalah perbisnisan menggunakan jaringan komunikasi internet.
E-commerce yaitu bagian
dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar
perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan
nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-bisnis juga
memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau
surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti
halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-bisnis ini.
3. Prosedur Pendirian Bisnis, kontrak
kerja, dan prosedur pengadaan
Prosedur Pendirian Bisnis
Dibawah ini prosedur-prosedur yang harus dilakukan:
1. Tahapan pengurusan izin
pendirian
Misal pada usaha sole distributor
dari sebuah merek dagang, Letter of Intent akan memberi turunan berupa Letter
of Appointment sebagai bentuk surat perjanjian keagenan yang merupakan izin
perluasan, jika perusahaan ini memberi kesempatan pada perusahaan lain untuk
mendistribusikan barang yang diproduksi.
Sayart –syarat yang harus dilakukan
pada saat pengurusan bisnis adalah Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor Pokok Wajib Pajak
(NPWP), dan Bukti diri. Serta perizinan yang perlu dipenuhi dalam badan usaha
tersebut, yaitu Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Surat Izin Usaha
Industri (SIUI)
2. Tahapan pengesahan menjadi
badan hokum
Tidak semua
badan usaha harus berbadan hokum, dalam melakukan izin dalam kegiatan yang dilakukan tidak boleh mengabaikan hokum yang berlaku. Izin yang mengikat suatu bentuk badan usaha tertentu di
Indonesia memang terdapat lebih dari satu macam. Adapun pengakuan badan hukum
bisa didasarkan pada Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD), hingga
Undang-Undang Penanaman Modal Asing (UU PMA).
3.
Tahapan
penggolongan menurut bidang yang dijalani
Berkaitan pada tahap ini, maka setiap pengurusan izin disesuaikan
dengan departemen yang membawahinya seperti kehutanan, pertambangan,
perdagangan, pertanian, dan sebagainya
4.
Tahapan mendapatkan
pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain
Departemen tertentu yang berhubungan langsung dengan
jenis kegiatan badan usaha akan mengeluarkan izin. Namun, diluar itu, badan
usaha juga harus mendapatkan izin dari departemen lain yang pada nantinya akan
bersinggungan dengan operasional badan usaha, misalnya Departemen Perdagangan
mengeluarkan izin pendirian industri yang berupa SIUP.
Kontrak Kerja
Kontrak kerja merupakan suatu bentuk
perjanjian kerja antara karyawan dan perusahaan. Adapun isi kontrak kerja yaitu, hak dan
kewajiban karyawan dan perusahaan selama terikat hubungan kerja, yang ditandai
dengan penandatanganan kontrak kerja tersebut oleh pimpinan perusahaan dan
karyawan.
Terdapat 3 sistem kontrak kerja, yaitu:
- Perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) / karyawan kontrak. Lama kontrak 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Masa kontrak bisa diperpanjang dengan maksimal 2 tahun.
- Perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT) / karyawan permanent (tetap). Pada kontrak kerja ini, karyawan bisa langsung menjadi tetap/permanent atau melalui masa percobaan kerja (probation) untuk paling lama 3 (tiga) bulan. Setelah lulus masa percobaan, karyawan tersebut baru bisa menjadi karyawan tetap.
- Kontrak kerja melalui outsourcing, anda akan mengikuti hak dan kewajiban perusahaan outsorcing, walaupun nantinya anda akan disalurkan ke perusahaan yang menjadi klien perusahaan outsourcing, kontrak ini merpakan perjanjian tidak langsung dengan tempat anda ditugaskan untuk bekerja. Sedangkan untuk kontrak kerja langsung dengan perusahaan, anda mengikuti hak dan kewajiban perusahaan tersebut
Posedur Pengadaan
Prosedur pengadaan terdiri dari prosedur pengadaan tenaga kerja dan prosedur pengadaan barang dan jasa.
Prosedur pengadaan terdiri dari prosedur pengadaan tenaga kerja dan prosedur pengadaan barang dan jasa.
A. Prosedur
Pengadaan Tenaga Kerjaterdiri dari:
1. Perencanaan Tenaga KerjaPerencanaan
tenaga kerja adalah penentuan kuantitas dan
kualitas
tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara memenuhinya.
2. Penarikan Tenaga Kerja
Penarikan
tenaga kerja diperoleh dari 2 sumber, yaitu
. a. Sumber
internal yaitu menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan
lama dan nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan.
b. Sumber eksternal yaitu menarik tenaga kerja baru dari lembaga
tenaga kerja, lembaga
pendidikan, ataupun dari advertising,
3. Seleksi Tenaga Kerja
Ada 5 tahapan
dalam menyeleksi tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan
dan psikologi,
wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan).
4. Penempatan Tenaga Kerja
Yaitu proses penentuan
jabatan seseorang yang disesuaikan antara kualifikasi yang
bersangkutan
dengan job specification-nya.
B. Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa
Berdasarkan
Keppres No. 80/2003 tentang Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa terdapat
beberapa
metode pemilihan serta sistem penilaian kompetensi penyedia barang dan jasa.
secara umum
jenis-jenis metode pemilihan penyedia barang dan jasa, yang antara lain:
- Metode Pelelangan Umum merupakan metoda pemilihan penyedia barang/jasa yang relatif banyak dilakukan.
- Pelelangan Terbatas terbatas dilakukan, jika pelelangan umum sulit dilaksanakan karena penyedia barang/jasa yang mampu mengerjakan diyakini terbatas dan pekerjaannya kompleks, maka dilakukan pelelangan terbatas.
- Pemilihan Langsung yaitu pemilihan penyedia barang/jasa yang dilakukan dengan membandingkan sebanyak-banyaknya penawaran, sekurang-kurangnya 3 (tiga) penawaran dari penyedia barang/jasa yang telah lulus prakualifikasi serta dilakukan negosiasi
- Penunjukan Langsung. Berdasarkan ketentuan dalam Keppres No 80/2003 tentang Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa,
4. Aplikasi Bisnis
Aplikasi
bisnis yaitu suatu aplikasi komputer atau perangkat lunak komputer untuk
menunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan. aplikasi ini kebanyakan digunakan
untuk bisnis lewat media internet.Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan
oleh pelaku usaha untuk mempermudah megelola usahanya. Beberapa aplikasi gratis
tanpa harus perlu membeli tersebut diantaranya:
1.
QSB
Aplikasi ini bermanfaat untuk membantu pelaku usaha dalam
hal :
-) Meramalkan nilai penjualan di masa yang akan
datang dengan berbagai metode
dan pendekatan
-) Menentukan jumlah produksi yang paling ‘pas’
dan perubahan yang diijinkan
-) Pembagian tugas karyawan yang paling efisien
-) Menentukan lokasi usaha yang paling optimal
-) Menentukan alokasi pengiriman barang
2.
QM
for Windows
Aplikasi ini manfaatnya sama dengan aplikasi QSB di atas,
namun versi gratisnyasudah tersedia di internet, hanya saja tidak semua
fasilitas bisa digunakan.
3.
Invest
Aplikasi ini bermanfaat untuk pelaku usaha yang memiliki
dana mengganggur dan ingin diinvestasikan ke surat berharga (Investasi ini
tidak monopoli pengusaha dengan dana besar, UMKM pun bisa). Denga aplikasi ini,
pelaku usaha akan dibantu menempatkan dana menganggurnya dengan
pertimbangan-pertimbangan yang lebih bisa dipertanggung jawabkan.
4.
CDP
Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha yang
sering dihadapkan pada banyak pilihan, ketika akan memutuskan sesuatu.
5.
OpenOffice
Aplikasi ini menjadi pilihan apabila pelaku usaha ingin
membuat dan mencetak berbagai dokumen usaha (surat penawaran, daftar barang,
dll). Dengan aplikasi ini pula pelaku usaha bisa membuat anggaran, mengevaluasi
kinerja/hasil usaha.
5. Proses dan Stragedi Pengembangan
Bisnis TI
Proses Pengembangan Sistem
Tahap
investigasi sistem merupakan langkah pertama dalam proses pengembangan sistem.
Tahap inidapat melibatkan pertimbangan proposal yang dihasilkan dari proses
perencanaan bisnis/ IT. Tahap investigasi juga termasuk studi awal solusi
sistem informasi yang diusulkan untuk memenuhi prioritas bisnis perusahaan dan
peluang seperti yang diidentifikasi proses perencanaan.
Pengembangan Sistem Informasi (SI)
Ketika
pendekatan sistem untuk penyelesaian masalah diterapkan untuk pengembangan
solusi sistem informasi terhadap masalah bisnis, maka hal ini disebut
pengembangan sistem informasi (information systems development) atau
pengembangan aplikasi ( application development). Bagian ini akan menunjukkan
bagaimana pendekatan sistem dapat digunakan untuk mengembangkan untuk
mengembangkan aplikasi dan sistem e-business yang dapat memenuhi kebutuhan
bisnis perusahaan, karyawan, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan terhadap
perusahaan (stakeholder).
Ada beberapadari aturan E-Business pada bisnis
:
informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan
dan pembayaran secara
elektronik)
dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
barang,
pemesanan barang, pembayaran dan
pengiriman barang. Pelanggan cukup
melihat dari website jenis barang,
spesifikasi dan harga barang, untuk pemesanan
dilihat dari stok barang yang ada,untuk
pembayaran sistem shopping online harus
terhubung dengan otorisasi pembayaran (pihak bank).
mendapatkan manfaatsemaksimal mungkin dari
e-Business harus melakukan
optimalisasi proses bisnis internal dengan
memanfaatkan teknologi informasi agar aliran
informasi, transaksi, maupun lama pengiriman
barang menjadi dipersingkat, biaya
transaksi menjadi lebih ekonomis jika
dibandingkan dengan perdagangan yang
dilakukan secara tradisional.
informasi dan internet seharusnya
menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik,
lebih ekonomis, dan lebih terjangkau.
Business, proses edukasi sangat penting
agar semakin banyak anggota masyarakat yang
menyadari manfaat dan kelebihan dari
transaksi online.
yang terjadi.
indikator untuk mengukur aktifitas pengguna.
Dalam e-Business, komunitas merupakan
media yang cukup penting untuk belajar dan
memperbaiki diri secara terus menerus baik
dari sisi pelaku maupun pengguna dalam hal
produk, layanan, maupun mekanisme
transaksi.
Sumber:
5.http://www.karirpad.com/Artikel/index/4-Profesi-Berbasis-Teknologi-Favorit-di-Masa Depan/1232
Tidak ada komentar:
Posting Komentar