Selasa, 27 September 2016

SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI / TEKNOLOGI INFROMASI

1. Sejarah Pekembangan Sistem / Teknologi  Informasi

     A.    Sejarah Teknologi Informasi

Sejak zaman prasejarah, manusia menyampaikan informasi melalui komunikasi. Perkembangan teknologi berlangsung dari masa ke masa, mulai dari masa prasejarah hingga masa sekarang ini.

a.       Masa Prasejarah (0 s/d 3000 SM)
Masa prasejarah berkomunikasi dengan manusia dengan berbagai bentuk-bentuk yang ditemukan dan digambarkanya informasi di dinding gua.  kemampuan berbahasanya hanya sebatas suara dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan sebagai bentuk awal komunikasi.
b.      Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an SM)

1.      Tahun 3000 SM
Pertama kali yang berkomunikasi dengan tulisan dan menggunakan symbol atau piktograf sebagai huruf yaitu Bangsa Sumeria. Simbol atau huruf tersebut mempunyai bentuk dan bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga tulisan tersebut terangkai menjadi sebuah kata, kalimat dan bahasa yang mempunyai arti.
2.      Tahun 2900 SM
Huruf  hieroglif untuk berkomunikasi dengan orang lain digunakan oleh Bangsa Mesir Kuno. Huruf hieroglif terdiri dari ssimbol objek, seperti perkakas, binatang. simbol-simbol hieroglif  digabungkan maka akan terciptalah bagaimana cara pengucapannya serta menunjukkan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
3.      Tahun 500 SM
Serat papyrus sebagai media infromasi pada masa 500 SM. Serat papyrus lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah sebagai media informasi. Selanjutnya, serat papyrus juga merupakan cikal bakal media yang kita kenal sekarang ini yaitu kertas.
4.      Tahun 105 M
Masa ini Bangsa Cina menemukan kertas. Kertas dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci lalu kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditorehkan dan dilumuri tinta atau yang sekarang kita kenal dengan sistem cap.

c.       Masa Modern
 

      Periode
Jenis Perkembangan Teknologi
1455
       Johan Gutenberg mengembangkan mesin cetak untuk yang pertama kalinya dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi yang biss diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
1830
       Agusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia yang bekerjasama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya yang didesain mampu menyimpan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, yaitu 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk.
1837 
      Samuel Finley Breese Morse (peneliti Amerika) menemukan telegraph /telegraf yang pertama dan mengembangkan telegraph/telegraf dengan kode morse bersama ilmuwan dari Inggris Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone.
1861
      Gambar bergerak yang diproyeksi kedalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang.
1876
      Alexander Graham Bell berhasil mengirimkan suara pertamanya melalui telepon di mana Melvyl Dewey mengembangkan sistem penulisan desimal.
1877
      Alexander Graham Bell mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum dengan mendirikan perusahaan Bell Telephone Company, lalu kemampuan fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge.
1899
      Dipergunakannya sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetik yang pertama.
1945
      Vannevar Bush mengembangkan system pengkodean menggunakan Hypertext.
1946
      ENIAC 1 dikembangkan,sebagai komputer digital pertama di dunia.
1948
      Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transiator.
1957
       USSR (Rusia) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang Militer.
1970-
1972
  1.      1971, Diciptakannya Disket pertama di dunia.
  2.      1972, Ray Tomlison menciptakan program email yang pertama.
1973-
1990
  1.      Diperkenalkannya istilah INTERNET
  2.      Dilakukannya pengembangan sebuah mengenai TCP/IP
  3.      Dilakukannya pengembangan sebuah protokol jaringan yang dikenal dengan nama TCP/IP oleh grup dari DARPA.
  4.      1980, Perusahaan Sony, Jepang membuat Walkman pertama di dunia.
  5.      1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
  6.      1985, Ditemukannya cakram penyimpan data (CD).
  7.      1986, IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi se4bagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.
1991-
skrg
  1.      1992 diperkenalkannya istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.
  2.      1993, NSF membentuk Inter NIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh ATT) jasa registrasi (oleh Network Solution Inc.) dan jasa informasi oleh General Atomics/CERnet.
  3.      1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan  membeli jaringan di Backbone. 
  4.      1999, Munculnya raksasa mesin pencari informasi secara gratis di dunia yaituGoogle.com
A.    Perkembangan Komputer  

1.      Komputer Generasi pertama (1951-1958)
Hasil gambar untuk GAMBAR KOMPUTER GENERASI PERTAMA 

         Komputer generasi pertama adalah ENIAC yaitu komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.
Ciri – ciri dari  komputer  generasi pertama :
1.      Komponen elektronikanya dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
2.      Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
3.      Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
4.      Memerlukan daya listrik yang sangat besat.
5.      Banyak mengeluarkan panas sehingga butuh alat pendingin (AC) yang banyak.
6.      Prosesnya relatif lambat.
7.      Ukurannya fisik sangat besar sehingga memerlukan ruangan/tempat yang luas.
8.      Proses dan Kapasitas untuk menyimpan data kecil dan sangat terbatas sekali.
9.      Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
10.  Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.

2.      Komputer Generasi kedua (1959-1963)
Generasi ini menemukan transistor yang dapat menggantikan Tabung hampa udara sehingga megubah ukuran mesin-mesin elektrik .
Ciri – ciri dari sejarah komputer generasi kedua:
  1. Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language)
  2. Kapasitas memori utama sudah lumayan besar
  3. Sirkutinya adalah transistor.
  4. Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
  5. Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik
  6. berorientasi pada bisnis dan teknik 
  7. Proses operasi sudah cepat
3)      Komputer Generasi ketiga (1964-1979)

 Ciri – ciri dari sejarah komputer generasi kedua:

     1.      Komponen Sirkuit menggunakan IC (Integrated    
      Circuits).
2.      Peningkatan kemampuan software.
3.      Kapasitas memori komputer lebih besar.
4.      Menggunakan penyimpanan luar yang
       sifatnya random access.
5.      Penggunaan daya lebih hemat.
6.      Memungkinkan untuk melakukan multi processing.
7.      Pengembangan dari alat input dan output dengan
8.      menggunakan Visual Display Terminal.



4)      Komputer Generasi keempat
       Ciri – ciri dari sejarah komputer generasi keempat:
    1.      Penggunaan Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan Ribuan IC menjadi sebuah chip.
    2.      Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan
    3.      microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
5)      Komputer Generasi Kelima
                                                              Ciri – ciri dari sejarah komputer generasi kelima:

  1.   Pengembangan VLSI ( Very Large Scale Integration).
  2.  Pengembangan  Josephson Junction.
  3. Lebih compact-kecil.
  4. Dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap cakap      dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit          yang lebih akurat.



C. Perangkat Komputer


     komputer terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). perangkat keras merupakan perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat , sedangkan perangkat lunak komputer yaitu perangkat yang berupa program yang terdapat dalam sebuah komputer. Kedua hal inilah yang membuat komputer tersebut  menjadi alat elektronik multifungsi kepada penggunanya (brainware). Bagian bagian dari perangkat keras yaitu :
a.       Central Processing Unit (CPU)
b.      Memori
d.      Motherboard
e.       VGA Card
f.       Monitor
g.   Printer
D.Pemanfaatan sistem informasi dan Teknologi Infromasi
Teknologi Informasi  yaitu suatu subyek yang luas tentang teknologi dan tentang pemrosesan pengolahan data menjadi informasi. Teknologi informasi ini merupakan subsistem dari sistem informasi (information system).
Pada  operasi aritmetika dan operasi logika dalam situasi secara umum, manusia hanya dapat melakukan proses data yang sederhana. Sedangkan kondisi perhitungan yang rumit, maka bila dilakukan secara manual oleh manusia akan memerlukan tenaga, pemikiran, dan waktu yang sangat banyak. Untuk itu dipergunakanlah suatu mesin/alat yang dapat mengerjakan pekerjaan rumit tersebut. Dalam hal ini, komputer dapat digunakan untuk melakukan proses perhitungan dengan jumlah data yang sangat banyak dan dapat melakukan proses dengan cepat tanpa kesalahan. Karena itu peran komputer dalam Teknologi Informasi sangat penting atau mutlak diperlukan.

2. Perkembangan Perangkat keras dan Perangkat Lunak

A. Pemahaman Komponen Perangkat Keras
          Perangkat keras komputer (Hardware) merupakan seluruh perangkat komputer yang
    dapat di lihat secara fisik atau dapat diraba secara nyata yang berfungsi untuk mendukung
    proses komputerisasi dan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan dalam sistim komputer.

1. Perangkat Input (Input Device)
           Berfungsi untuk memberikan input pada komputer yang selanjutnya akan di proses dan
     di eksekusi.
Hasil gambar untuk KEYBOARD
a.       Keyboard 
            yaitu seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer. Masing-masing tombol keyboard mempunyai fungsi-fungsi tertentu.

b.      Mouse

Hasil gambar untuk mouse



Mouse merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk menjelajahi program, memilih perintah, dan menjalankan sebuah perintah

c. Joystick 


Hasil gambar untuk joystick
 Joystick berfungsi untuk memberikan perintah masukan pada komputer. Biasanya digunakan untuk gamer.





      d.      Scanner

Hasil gambar untuk SCANNERScanner biasanya di gunakan untuk menyalin atau mengcopy sebuah dokumen seperti KTP, atapun dokumen penting lainnya baik itu berupa text ataupun gambar. Nah, hasil dari scan tersebut akan diberikan atau di masukkan ke dalam komputer yang selanjutnya bisa di gunakan atau di cetak oleh pengguna.


e. Microfon


Hasil gambar untuk MIKROFON PERANGKAT KERAS
Microfon sering digunakan untuk merekam suara yang sinyal audionya kemudian akan ditangkap oleh perangkat microfon dan di kirimkan ke komputer sebagai perintah masukan. Microfon juga digunakan pada saat pengguna melakukan teleconference.






2. Perangkat Proses (Process Device)

       Berfungsi untuk mengolah atau memproses data yang diinputkan agar dapat
    disajikan/dioutputkan ke pengguna.
a. RAM
Hasil gambar untuk ramRAM (Random Access Memory)  berfungsi untuk menyimpan data sementara pada komuter. Jadi saat anda memberikan perintah masukan pada komputer, maka memori ram akan menyimpan perintah tersebut untuk sementara dan kemudian akan di kirimkan ke processor untuk di eksekusi.


b. Motherboard

Hasil gambar untuk MotherboardMotherboard atau sering juga di sebut sebagi mobo merupakan sebuah papan sirkuit pada komputer yang berfungsi untuk meletakkan dan menjaga koordinasi antara komponen komputer seperti processor, ram, kartu grafis, hardisk, cooling fan dan perangkat lainnya.

Hasil gambar untuk kartu grafisc. Kartu Grafis

Kartu grafis atau disebut juga dengan kartu video  berfungsi untuk mengolah sinyal video agar menghasilkan akselerasi yan cepat dan tampilan yang tajam, halus dan cantik.

Hasil gambar untuk power supply


d. Power supply 
Power supply berguna untuk menyediakan sumber daya dan mendistribusikan arus ke seluruh komponen komputer di dalam motherboard sehingga seluruh komponen dapat hidup dan bekerja sebagaimana fungsinya.







e. Processor / CPU 


Hasil gambar untuk processor / cpuProcessor atau di kenal juga dengan cpu (central processing unit) berfungsi sebagai otak atau inti komputer untuk mengeksekusi sebuah perintah. Perintah yang di dapat di berikan oleh memori ram komputer dan processor inilah yang mengeksekusi setiap perintah.





3. Perangkat Kontrol

               Kontrol unit (CU) merupakan bagian utama dari sebuah prosesor yang bertugas untuk                 mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device   

          sampai output device.   


         4.Perangkat Penyimpanan ( Backing Storage )

Hasil gambar untuk hardiska.  Hardisk

      Hardisk  berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Selain menyimpan data pengguna secara permanen, menyimpan dan menjalankan file sistim operasi komputer baik itu windows, unix, ataupun linux.





b.      Disket
Hasil gambar untuk disket
       Disket digunakan untuk menyimpan data
seperti hardisk. Perbedaannya disket hanya mampu
menyimpan data sampai 1,4MB dan memindahkan
data dari satu komputer ke komputer yang lain


c.       Flash Drive
Hasil gambar untuk flash drive
     Flash drive menggantikan kedudukan disket karena ukurannya yang lebih kecil dan mempunyai kapasitas yang lebih besar seperti 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB.



d.      DVD
DVD (Digital Versatile Disc) mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar bila dibandingkan dengan CD-ROM yang ukurannya sama besar. DVD mempunyai kealitas penyimpanan yang sangat baik, oleh karena itu  DVD biasanya digunakan untuk menyimpan film.

5. Perangkat Output (Output Device)


a. Monitor

Hasil gambar untuk monitorMonitor berfungsi untuk menampilkan gambar pada pengguna. Agar pengguna bisa berinteraksi dengan komputer tentu setiap pengguna harus bisa melihat tampilan dari komputer tersebut.








b. Printer

Hasil gambar untuk printerPrinter berguna untuk mencetak hasil atau output. Dengan adanya printer, pengguna akan bisa melakukan print atau mencetak data dan berkas penting yang di butuhkan.






c. Speaker

Hasil gambar untuk speaker speaker  bertugas untuk mengolah sinyal audio sehingga suara yang di hasilkan komputer bisa di dengarkan oleh pengguna. 











B. Pemahaman Komponen Perangkat Lunak


1. Evolusi Perangkat Lunak

Hasil gambar untuk evolusi perangkat lunak

a. Era Pertama
   
 1. Batch Orientation Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan
    dalam satuan waktu tertentu, atau proses dilakukan setelah data terkumpul
 2. Limmited distribution Suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan
    perusahaan tertentu.
 3. Custom software Software yang dikembangkan berdasarkan keinginan perusahaan-   
    perusahaan tertentu. 

b. Era Kedua

  1. Multi user Suatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat
      yang sama.
  2. Real Time Suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa mentransformasikan 
          data dari berbagai sumber, mengontrol proses dan menghasilkan output dalam mili
          second.
      3. Database Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data yang OnLine menyebabkan                muncul generasi pertama DBMS (DataBase Management System).
     4. Product Software Adalah software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat
         luas. 

c. Era Ketiga

1. Distributed system Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan pada komputer induk (Host
    computer), daerah atau bidang lainnya yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih
    kecil dari komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System.
2. Embedded Intelegence Suatu product yang diberi tambahan “Intellegence” biasanya
    ditambahkan mikroprocessor yang mutakhir. Contohnya adalah automobil, robot, peralatan
    diagnostic serum darah.
3. Low Cost Hardware Harga hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena
   munculnya Personal Computer
4. Consumer Impact Adanya perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya
    software yang dikembangkan, software ini memberi dampak yang besar terhadap
    masyarakat. 

 d. Era Keempat
     
 1. Expert system Suatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu,
    misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dll.
 2.AI Machine Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya
  mesin robot, komputer catur.
3. Parallel Architecture Arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel,
    yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer 
   
2. Klasifikasi Perangkat Lunak

   a. Perangkat lunak Sistem

     1. Bahasa Pemrograman 
  a.Bahasa Pemrograman Generasi Pertama
  -Menggunakan bahasa mesin dengan suatu rangkain angka nol dan satu (biner)
  b.Bahasa Pemrograman Generasi Kedua
  -Menggunakan bahasa rakitan (assembler)
  c.Bahasa Pemrograman Generasi Ketiga
  -Menggunakan language translator, kompiler dan interpreter
  -Aplikasi  Basic, Pascal, Fortran, C++, Cobol
  d.Bahasa Pemrograman Generasi ke Empat
  -Oracle, Informix, Sybase, Acces
  -Menggunakan bahasa query (SQL)

  2. Sistem Operasi
            Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan
         software. sistem operasi komputer melakukan semua perintah penting dalam
         komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan
         lancar secara bersamaan tanpa adanya hambatan.

  3. Utility (Program bantu)
  Software  yang digunakan untuk membantu mempermudah dalam menangani
  pekerjaan awal dalam pengoperasian komputer beserta perangkatnya. 

b. Perangkat Lunak Aplikasi


  1.      Aplikasi Office
                         Word Processor Program yang digunakan untuk membuat dokumen, Microsoft
                   Word. Spreadsheet Mengelola data dalam bentuk tabel, Microsoft Excel. Program
                    Presentasi Untuk membuat bahan presentasi dapat melibatkan teks, suara, gambar, vidio
                    dan animasi, Microsoft Power Point.

 2.      Aplikasi Multimedia
                    Teknologi yang menggabungkan kemampuan teks, gambar, animasi dan vidio.
              Contoh : Real one player, windows media player.

       3.      Aplikasi Internet
       HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Aplikasi internet yang menampilkan baris,
    kalimat atau gambar. Misalkan Internet Explorer dan Netscape. Contonya adalah Email,
    sarana komunikasi pemakai secara elektronik.




Referensi :
1.      http://www.softilmu.com/2014/06/perangkat-komputer.html
2.      http://masterz-seo.blogspot.com/2013/12/sejarah-perkembangan-komputer-lengkap.html
3.      http://www.plimbi.com/article/3889/perkembangan-teknologi-informasi-dan komunikasi-ma
4.      http://zesy-rahantoknam.blogspot.co.id/2010/06/perangkat-lunak-software.html
5.      http://slideplayer.info/slide/1879288/
6.   https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar